default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Perahu Nelayan di Situbondo Tenggelam Diterjang Ombak

Perahu Nelayan di Situbondo Tenggelam Diterjang Ombak
Peristiwa Daerah
Proses evakuasi perahu motor yang tenggelam.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SITUBONDO - Sebuah perahu motor Mega jenis slerek tenggelam setelah dihantam ombak saat terparkir dan terseret arus laut di pesisir pantai Pondok Mimbo, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur,  Senin ( 13/1/2020).

Perahu motor milik nelayan dengan nama Mega ini diketahui tenggelam karena cuaca ekstrim dan dihantam ombak besar.

Jakfar (46) warga setempat, salah satu saksi yang pertama mengetahui peristiwa tersebut mengatakan bahwa perahu motor tersebut milik Hufaida (56) warga Dusun Bindung, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih.

“Sebelum perahu motor tersebut tenggelam, posisi terparkir di pesisir pantai Pondok Mimbo. Saat peristiwa tersebut terjadi anak buah kapal/perahu sedang tidak ada di perahu, tanpa penjaga dan terseret arus hingga sejauh 400 meter dari bibir pantai," terang Jakfar.

Dia menambahkan bahwa sekitar pukul 10.00 WIB saat terparkir di pantai Pondok Mimbo, perahu motor Mega tersebut oleng karena hempasan ombak yang cukup besar.

"Sekitar pukul 12.20 WIB saya melihat perahu motor tersebut tenggelam. Saya langsung telpon dan memberitahukan ke pemiliknya," imbuhnya. 

Kapolsek Banyuputih AKP Didik Rudianto membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya mendapat laporan dari masyarakat mengenai tenggelamnya perahu nelayan tersebut. Berapa anggota Polsek Banyuputih, anggota Koramil 0823/08 Banyuputih, perangkat desa bersama anggota BPBD Situbondo langsung mendatangi TKP, meminta keterangan saksi dan dibantu nelayan setempat mengevakuasi perahu yang tenggelam tersebut ke tepi pantai.

"Sementara penyebab tenggelamnya perahu motor tersebut diduga karena cuaca ekstrim, ombak besar saat air pasang dan lambung perahu penuh air saat hujan kemarin dan airnya tidak dikuras (dibuang)," ucapnya.

Tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini, namun korban mengalami kerugian materil berupa perahu dan seperangkat alat penangkap ikan dan ditaksir mencapai 200 juta rupiah.(*)


Kontributor : Sarwo Edy
Editor : Irwan Rakhday
Publisher : Arifin
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar